Valorant

Valorant adalah permainan free-to-play orang pertama dengan genre tembak – tembakan yang menggunakan satu hero dan dikembangkan serta diterbitkan oleh Riot Games , dan saat ini masih hanya rilis untuk Microsoft Windows. Game ini memulai versi beta tertutup dan akses terbatas pada 7 April 2020lalu untuk rilis resmi pada 2 Juni 2020. Proses pengembangan game ini sendiri sudah dimulai pada 2014.

Pemain bermain sebagai salah satu dari anggota tim, karakter yang ada dalam game ini adalah berdasarkan pada beberapa negara dan budaya di dunia ini. Pemain bisa bermain secara menyerang atau bertahan, masing-masing tim diperbolehkan memiliki lima pemain di dalamnya. Setiap hero memiliki kemampuan unik, beberapa ada yang harus bayardan tak lupa skill ultimate unik yang hanya bisa diisi dengan membunuh pemain lawa, atau tindakan yang spektakuler. Setiap pemain memulai game dengan pistol klasik. Biaya senjata dan skill lainnya dapat dibeli dengan sistemn yang ada didalam game, bisa menggunakan uang hasil ronde sebelumnya, seperti membunuh pemain lawan, dan tindakan yang dinilai spektakuler. Game ini juga memiliki variasi senjata seperti pistol dan senjata utama seperti machine gun , senapan , senapan mesin , senapan serbu dan senapan untuk sniper. Ada senjata otomatis dan semi otomatis dengan pola tembakan yang bermacam – macam dan harus diarahkan oleh pemain agar menembak dengan akurat.

Beberapa hero memiliki spesialisasi lain diantaranya s pencakar, ahli strategi, dan pemburu dari setiap deskripsi yang ada. Saat ini terdapat 15 agen yang bisa pemain dipilih. Mereka adalah Brimstone, Phoenix, Sage, Sova, Viper, Cypher, Reyna, Killjoy, Breach, Omen, Jett, Raze, Skye, Yoru, dan Astra.

Riot Games selaku developer Valoran telah buka suara terkait Valorant yang ingin merambah ke platform smartphone yang akan dinamakan sebagai Valorant Mobile. Sepertinya langkah yang bijak dari developer untuk merambah ke dunia mobile phone, mengingat rekor dan perilisan global yang terbilang sukses untuk edisi PC. Bukan tidak mungkin Valorant bertransformasi secara cepat dan menjadi game favorit semua kalangan, dengan bukan hanya di PC saja.

Riot mengklaim bahwa mereka tidak memulai hal tersebut dengan ‘Kita buat Valorant versi mobile’, namun pergerakan mereka diawali dengan ‘Bisakah Riot Games membuat Valorant di perangkat mobile dan tablet?’.

Riot Games juga mengatakan apapun yang ada di versi PC, maka pemain akan menemukan juga di versi mobile nya. Namun soal mekanisme ada perbedaan antara PC dan Mobile.

Sayangnya mereka tidakmerincikan perbedaan apa saja yang aan terlihat, namun yang mereka tekankan adalah versi mobile tidak jauh berbedadnegan PC. Mereka juga berniat untuk tidak mengubah pemain Valorant di PC menjadi pemain Valorant Mobile. Mereka juga tidak berniat memindahkan arus pemain di PC untuk pindah ke mobile.

Tentu kabar ini masih tergolong sebagai isu belaka, Riot Games pun belum bersuara ketika ditanya masuk ke OS mana saja jika Valorant Mobile benar- benar muncul. Namun patut kita nantikan isu ini, pasalnya mereka berhasil meluncurkan game League of Legends versi mobile, yaitu LOL: Wild Rift. Hal ini membuka celah bagi Riot Games untuk meluncurkan Valorant Mobile.

Pasar game PC yang merambah ke mobile juga semakin ramai, masih banyak game lain yang berkembang di platform mobile seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, dan juga Apex Legends.