Cyberpunk 2077

Cyberpunk 2077 adalah video game dengan gaya bermain peran bergenre aksi yang dirilis pada 2020 dan dikembangkan serta diterbitkan oleh CD Projekt . Cerita pada game terjadi di Night City, sebuah terbuka yang di set untuk tempat hidup para aktor game ini. Pemain diperankan sejak awal bermain untuk menjadi tentara bayaran yang penampilannya bisa disesuaikan sebagai yang kita inginkan namun tetap dikenal dengan nama V, karakter ini memiliki nilai lebih untuk keterampilan dalam meretas dan mengoperasikan machine gun untuk jarak dekat dan jarak jauh.

Cyberpunk 2077 mulai diperkenalkan untuk para gamers pada Mei 2012, dan untuk trailer game ini telah ditayangkan secara luas pada Januari 2013, di E3 2018 , dan di E3 2019. Game ini awalnya dikatakan akan rilis hanya untuk Microsoft Windows , dengan konsol PlayStation 4 dan Xbox One telah diumumkan dan diresmikan terlebih dahulu di acara E3 2018. Sedangkan Stadia diumumkan pada Agustus 2019.

Di E3 2019 , tanggal rilis telah disebutkan yaitu pada 16 April 2020. Namun akhirnya beberapa penundaan terjadi karena beberapa kekurangan dari pengembang, sempat dicanangkan akan rilis pada 17 September, kemudian 19 November, namun pada akhirnya 10 Desember.

Dengan batalnya E3 tekait dengan pandemi COVID-19, acara yang telah dirancang online untuk CD Projekt Night City Wire mau tidak mau harus menampilkan trailer yang ditambahkan, gameplay dengan tampilan yang lebih baik, dan menampilkan cuplikan pembuatan game tersebut. Konsol untuk generasi berikutnya bisa dimainkan untuk Xbox Series X/S dan PlayStation 5 dan nampaknya sudah bisa dimainkan pada 2021. Pemilik konsol Xbox One dan PlayStation 4 dapat mengunduh game ini dengan bebas biaya dan untuk model konsol generasi berikutnya masing-masing. Fitur permainan multiplayer yang sempat tertunda akan diumumkan untuk diluncurkan setelah tahun 2021.

Namun nasib CD Projekt Red nampaknya tidak kunjung menemukan sisipositif, padahal developer tersebut telah menciptakan mahakarya seperti game The Witcher 3 dan Cyberpunk 2077. Hal tersebut tak lepas dari fenomena pada awal tahun yang dikabarkan data rahasia perusahaan tersebut telah dibobol dan kemudian dijual, dan kabar terbaru melaporkan bahwa data – data tersebut telah dibocorkan ke publik.

Data yang telah dibobol dan bocor tersebut telah disinyalir berisi data source code yang tentunya dari engine milik CD Projekt Red, RedEngine. Selain engine tersebut, data dari beberapa mahakarya mereka seperti The Witcher 3, Thronebreaker, serta Cyberpunk 2077 juga dilaporkan telah mengalami pencurian data.

Untuk alur jual beli data tersebut, awalnya dijual melalui sistem lelang di salah satu situs dark web dengan harga awal adalah 1 juta Dollar Amerika, dan harga terus naik hingga melambung sampai menyentuh angka untuk membelinya langsung yakni seharga 7 juta Dollar, namun dikabarkan sang penjual sudah menutup lapak penjualan tersebut dan kabarnya belum ada yang mampu membeli data – data tersebut.

Namun kabar buruknya, dilansir dari situs databreaches.net, data dari sang pengembang yang teah dicuri tersebut dikabarkan telah beredar luas secara bebas di internet. Namun menurut kesaksian dari pengguna platform forum Resetera, data tersebut memang telah beredar luas di dunia maya, namun untuk mengaksesnya membutuhkan harga yang cukup murah dan membutuhkan sebuah password, dari situ data bisa didapatkan dengan pemebelian sebesar 10 Dollar.