Balenciaga

Balenciaga adalah sebuah brand indsutri yang tergolong mewah dan didirikan pada tahun 1917 oleh desainer Spanyol, Cristobal Balenciaga di San Sebastián , awalnya brand ini berbasis di Spanyol namun kali ini berpindah ke Prancis. Balenciaga memiliki reputasi kelas kakap serta memiliki standar yan cukup tinggi untuk produk yang dirilisnya dan bisa disebut sebagai master untuk ranah fashion karena desain dan bahan yang dirancangnya bukan main – main oleh seorang Christian Dior. Desainnya yang terkenal dengan siluetnya yang abstrak , cukup feminin untuk para wanita, namun dengan sentuhan modernistik membuat brand ini menjadi kiblat para brand yang masih dibawah kelasnya. Balenciaga sempat tutup pada 1972 dan kembali dibuka dengan tangan pemimpin baru pada 1986. Merek ini sekarang dimiliki oleh beberapa investor ternama.

Pada November 2012, Balenciaga menyuarakan bahwa mereka telah tidak bekerja sama lagi dengan sang direktur kreatif Nicolas Ghesquière, dirinya telah berkontribusi besar selama kurang lebih 15 tahun. Lalu brand tersebut mengumumkan telah merekrut Alexander Wang sebagai direktur kreatif barunya. Wang memperkenalkan koleksi debutnya pada 28 Februari 2013 saat pelaksanaan acara Paris Fashion Week . Pada 2014 Balenciaga sempat kena kasus, Tribunal de grande instance de Paris menetapkan tanggal sidang untuk gugatan antara konflik Balenciaga vs. Ghesquière. Kasus ini terkait dengan Balenciaga yang telah mengklaim bahwa komentar Ghesquière pada majalah System sudah merusaknama dan citra perusahaan. Gugatan yang telah dipublikasi pun dimediasi di luar pengadilan.

Juli 2015, lagi dan lagi Balenciaga mengumumkan bahwa mereka mesti berpisah dengan direktur kreatif mereka yakni Alexander Wang setelah 3 tahun bekerjasama. Pertunjukan terakhir Wang adalah pada musim semi hingga musim panas 2016, dengan menampilkan pakaian yang di desain bergaya lounge putih terbuat dari kain yang lembut dan alami. Di awal Oktober 2015, untuk ketiga kalinya mereka mengganti direktur kreatif, ialah Demna Gvasalia sebagai direktur kreatif barunya tersebut. Di bulan April 2021 Gvasalia menunjukan koleksi terbaiknya saat Pra-Musim Gugur 2021, desain tersebut juga masuk dalam promosi majalah Vanity Teen .

Brand hypebeast yang sangat terkenal dengan sneakers Triple-S nya tersebut juga telah sounding dan merilis soal produk t-shirt terbaru mereka dengan desain yang telah bekerjasama dengan mereka yaitu Playstation 5. Produk ini telah memegang 2 buah T-shirt dan 1 Hoodie semuanyatentu di desain dengan menampilkan logo Playstation 5 dan lengkap ditambah dengan tulisan “November 2020” tidak lain dan tidak bukan bulan serta tahun tersebut merupakan bulan rilis untuk konsol Sony generasi terbaru yaitu Playstation 5.

Ketiga pakaian tersebut juga merupakan hasil kerjasama antara Balenciaga dan Playstation, tidak lama setelah konsol tersebut rilis pada tahun lalu.

Sesuatu yang cukup menarik adalah ketiga produk tersebut memiliki harga yang lebih tinggi daripada konsol Playstation 5 itu sendiri. Konsol tersebut dibanderol seharga USD 499, sedangkan t-shirt hasil kolaborasi Playstation 5 dan Balenciaga dibanderol seharga USD 675. Sementara untuk produk hoodie dibanderol seharga USD 875 jika dirupiahkan menjadi seharga Rp 12 juta.

Saat ini, produk kolaborasi Balenciaga dan Playstation 5 ini baru tersedia untuk toko di Amerika Serikat saja dan isunya akan hadir di toko Balenciaga cabang Indonesia. Bagaimana kalian para gamers dan juga pecinta fashion? Berminat untuk membeli produk kolaborasi ini, kira – kira berapa harganya ya?